JANGAN LUPA TINGGALKAN PESAN YAH, SUPAYA BISA SAYA APRESIASI. TERIMAKASIH
"MEDIA BELAJAR SENI BUDAYA | MUSIK | RUPA | TARI | TEATER"

Jumat, 17 September 2010

Aransemen--> Request [materi kelas 9]

bismillahirrohmanirrohim,
ketemu lagi dengan saya hohohoho, kali ini saya kedatangan sebuah request (perminataan) dari seseorang, apakah request itu? http://www.emoticonizer.com hmmm ya ya ya . . bener kali ini kita akan membahas tentang aransemen. sebelum kita melangkah lebih jauh lagi alangkah baiknya kita mengetahui terlebih dahulu apakah aransemen itu???????
Ada berbagai macam definisi tentang aransemen. Dalam tulisan ini, yang dimaksud dengan aransemen adalah upaya kreatif menata dan memperkaya sebuah melodi, lagu, atau komposisi, ke dalam format serta gaya yang baru. sebenernya mengaransemen lebih mudah daripada membuat komposisi, karena mengaransemen hanya mengambil bahan yang sudah ada, kemudian dikembangkan sesuai dengan selera kita dan kebutuhan kita.
nah sekarang kita akan langsung berlatih mengaransemen sebuah lagu. ada tiga tujuan pokok dalam kegiatan mengaransemen , yaitu untuk keperluan penyajian paduan suara, untuk penyajian lagu secara instrumentalia (ansamble) kemudian yang terakhir untuk kepentingan mengiringi sebuah lagu.

oke oke kita akan membahas satu persatu . . .
1. Mengaransemen Lagu Untuk Paduan Suara
selain disajikan secara solo, penyajian lagu dengan lebih dari satu suara secara bersama-sama disebut paduan suara. kalo mau liat contohnya ada. tinggal klik tag video. nah paduan suara ini dibagi menjadi paduan suara dengan jenis vokal yang sama (vokal anak-anak semua , vocal perempuan semua atau vokal laki laki semua)

paduan suara

2. Mengaransemen Lagu unuk kepentingan Instrumentalia
mengaransemen untuk keperluan Instrumentalia maksudnya adalah mengubah suatu lagu ke dalam bentuk instrumental. instrumental berasal dari kata instrument (alat). jadi mengaransemen untuk kepentingan instrumentalia mirip dengan kita bermain musik ansambel. di mana musik ansambel adalah bermain musik secara bersama-sama dengan menggunakan alat musik sejenis maupun campuran.



3. Mengaransemen Untuk kepentingan Pengiring lagu
Kegiatan bernyanyi akan lebih mengena apabila diiringi oleh musik yang sesuai dengan bentuk lagu tersebut. oleh karena itu, banyak musisi yang mengaransemen ulang sebuah lagu (iringan) agar kelihatan lebih menarik atau hanya sekadar memberi sentuhan berbeda dari biasanya. contohnya lagu kehidupan (godbless) yang diaransemen ulang oleh Erwin Gutawa terdengar lebih berbeda dari fersi aslinya.


terimakasih,,,comment sodara saya tunggu http://www.emoticonizer.com


Categories:

0 comments:

Poskan Komentar