JANGAN LUPA TINGGALKAN PESAN YAH, SUPAYA BISA SAYA APRESIASI. TERIMAKASIH
"MEDIA BELAJAR SENI BUDAYA | MUSIK | RUPA | TARI | TEATER"

Selasa, 14 September 2010

B. Mengenal Unsur-Usur Musik dari Lagu Daerah Setempat

Secara umum unsur-unsur musik terdiri dari bunyi, irama, melodi, harmoni, tekstur musik, bentuk musik, dan style atau gaya musik. Unsur bunyi meliputi insonasi, dinamik, dan warna nada. Di dalam unsur-unsur musik daerah memiliki perbedaan antara daerah yang satu dengan yang lain. Namun, ada unsur pokok yang hampir sama di dalam setiap musik daerah, yaitu nada, melodi ritme harmoni dan syair.
Dalam pelajaran ini unsur-unsur musik daerah yang akan dibahas adalah nada, irama, tempo dan dinamik.
1. nada
secara umum nada dipahami sebagai tinggi rendahnya bunyi dalam musik. ada juga yang menyebut tangganada atau laras. Nada merupakan unsur musik yang utama. kedudukan nada begitu vital dalam musik karena mengandung pengeritan berolah vokal.(buku teks yudhistira pendidikan seni budaya smp kelas 7 halaman 44-45)

"Nada adalah bunyi yang beraturan, yaitu memiliki frekuensi tunggal tertentu. Dalam teori musik, setiap nada memiliki tinggi nada atau tala tertentu menurut frekuensinya ataupun menurut jarak relatif tinggi nada tersebut terhadap tinggi nada patokan. Nada dasar suatu karya musik menentukan frekuensi tiap nada dalam karya tersebut. Nada dapat diatur dalam tangga nada yang berbeda-beda. Istilah "nada" sering dipertukarkan penggunaannya dengan "not", walaupun kedua istilah tersebut memiliki perbedaan arti". [wikipedia bahasa Indonesia]

2. Irama
irama adalah ketukan yang teratur, pola ritme tertentu yang dinyatakan dengan nama. dalam gamelan jawa dikenal beberapa tingkatan irama, seperti lancar, tanggung, dadi, wiled dan rangkep.

secara khusus irama dipahami sebagai susunan tertentu yang mengatur kecepatan panjang not dalam suatu karya musik (buku teks yudhistira pendidikan seni budaya smp kelas 7 halaman 44-45)

3. Dinamik
dinamik merupakan keras lemahnya sebuah nada yang dinyanyikan. dinamik lagu akan mempengaruhi suasana lagu tersebut. dalam musik nontradisional ada dua istilah pokok dinamik yaitu forte dan piano. forte mengandung arti kuat, sedangkan piano berarti lebut. dalam notasi musik, forte disingkat f dan piano disingkat p. kuat lemah sebuah lagu bervariasi sehingga selain fote dan piano masih terdapat dinamik lagu yang lain.(buku teks yudhistira pendidikan seni budaya smp kelas 7 halaman 45)

4. tempo
tempo merupakan istilah untuk menggambarkan cepat lambatnya lagu yang dinyanyikan. tanda tempo biasanya menggunakan bahasa Italia. Berikut ini beberapa istilah tempo utama dalam musik nontradisional.

1. largo = lambat sekali
2. lento = lebih lambat
3. adagio = lambat
4. andante = sedang
5. moderato = sedang agak cepat
6. allegro = cepat
7. vivace = lebih cepat sekali
8. presto = cepat sekali
(buku teks yudhistira pendidikan seni budaya smp kelas 7 halaman 45)




0 comments:

Poskan Komentar