perbedaan senar nylon dan string pada gitar akustik

dari yahoo answer
Ada dua tipe dasar gitar akustik, gitar klasik dengan senar nylon dan gitar folk dengan senar baja. Kedua jenis merupakan instrumen umum yang sangat baik , cocok untuk banyak gaya , tetapi masing-masing mempunyai warna suara yang berbeda . Pilihan yang mana adalah murni pilihan pribadi . musisi Pop cenderung lebih sering menggunakan gitar senar baja daripada gitar klasik senar nylon. Namun banyak gitaris bermain dengan kedua jenis instrumen tergantung pada suasana hati mereka dan gaya musik. Eric Clapton, memainkan gitar senar baja dalam Tear in Heaven. The Eagles , yang adalah band dengan gitar listrik , menggunakan gitar senar nylon pada versi akustik live " Hotel California "

Berikut adalah perbedaan utama antara gitar senar nylon dan gitar senar baja :

-Senar : Senar nylon menghasilkan suara bulat , suara mellow ( suara lebih cenderung untuk klasik , Latin dan lagu pop ) . Sebaliknya, senar baja mengeluarkan bunyi yang bright ( ngencling) dan metal (sebuah ciri lagu barat, country dan musik Hawaii ) .

-Tegangan senar : Gitar senar nylon memiliki tegangan string 75-90 pon sedangkan senar baja memiliki tegangan senar 150-200 pon . Dengan demikian , gitar senar nylon jauh lebih mudah ditekan dari pada senar baja .

-Papan jari : Papan jari gitar senar nylon 50 mm pada nut, didesign untuk finger picking . Sedangkan papan jari gitar senar baja adalah 40 mm pada nut, adalah optimized untuk bermain menggunakan pick.

-Jumlah fret : Gitar senar nylon sebanyak 12 fret sampai body gitar , gitar senar baja 14 fret, gitar dengan leher yang lebih pendek menghasilkan suara yg lebih romantic, tapi lebih sulit untuk bermain di atas fret 12 .

Comments

Unknown said…
gan, mau tanya apa semua gitar akustik bisa di aplikasikan dengan 2 senar tersebut? thanks.. :)
Anonymous said…
setau ane gitar akustik selalu pake senar baja/ steel.
diaz said…
Ivan Ferdana
Tentu saja bisa, namun akan memberikan tibre (warna suara)yang berbeda
Anonymous said…
Terima kasih atas infonya.
Anonymous said…
kalo buat belajar/pemula cocok nya yang mana ?
Anonymous said…
Share aja gan. Buat gitar tipe classic yang biasanya pake senar nylon. Bisa saja di pasang senar steel. Namun, efeknya tidak baik, walaupun dalam jangka waktu yang lama. Soalnya tekanan pada senar nylon sama steel itu beda. CMIIW
Anonymous said…
Senar nylon dan string kalo di pasang pada gitar yang semestinya ga pake senar tersebut, efek suara yg dihasilkan kurang baik. Bikin nyesel dan malah sia2. Sudah aku buktikan sendiri, kalo masih penasaran silahkan aja coba sendiri, jangan nyesel tapi ntar. Bener2 ga bagus hasilnya. Thx
Anonymous said…
Gitar saya nylon tetapi sama malah menggunakan pick -_-" sok tau bgt ya saya amatiran sih -_-
Anonymous said…
Sabar bro,ane juga gitu kok
Unknown said…
Gitar akustik bisa pake senar nylon atau nggak gan?
Unknown said…
Gitarku akustik steel string kalo di ganti nylon kelebihan dan kekurangannya apa ? Tolong jawab fast . mkasih ;)
sekedar peengin beli selain bronze

Popular posts from this blog

Pengertian Birama dan Bar

Soal Pilihan Ganda Seni Musik Semester 2 kelas X

Lagu daerah Jawa Tengah Padhang Wulan