Unsur-unsur musik --> (request)

unsur-unsur musik

unsur dalam kamus besar bahasa Indonesia
unsur un.sur
[n] (1) bagian terkecil dr suatu benda; bagian benda yg tidak dapat dibagi-bagi lagi dng proses kimia; bahan asal; zat asal; elemen: mengandung -- kimia tertentu; tekanan dapat kita anggap pula sbg salah satu -- bahasa; (2) kelompok kecil (dr kelompok yg lebih besar): membersihkan -- ekstrem kiri dl pemerintahan.

mari kita lihat pengertian musik dari berbagai sudut pandang

wikipedia Indonesia
Musik adalah bunyi yang diterima oleh individu dan berbeda-beda berdasarkan sejarah, lokasi, budaya dan selera seseorang. Definisi sejati tentang musik juga bermacam-macam:
Bunyi/kesan terhadap sesuatu yang ditangkap oleh indera pendengar
Suatu karya seni dengan segenap unsur pokok dan pendukungnya.
Segala bunyi yang dihasilkan secara sengaja oleh seseorang atau kumpulan dan disajikan sebagai musik

kamus bahasa Indonesia
musik mu.sik
[n] (1) ilmu atau seni menyusun nada atau suara dl urutan, kombinasi, dan hubungan temporal untuk menghasilkan komposisi (suara) yg mempunyai kesatuan dan kesinam-bungan; (2) nada atau suara yg disusun demikian rupa sehingga mengandung irama, lagu, dan keharmonisan (terutama yg menggunakan alat-alat yg dapat menghasilkan bunyi-bunyi itu)

Seni Musik

Seni musik adalah cetusan ekspresi perasaan atau pikiran yang dikeluarkan secara teratur dalam bentuk bunyi. Bisa dikatakan, bunyi (suara) adalah elemen musik paling dasar. Suara musik yang baik adalah hasil interaksi dari tiga elemen, yaitu: irama, melodi, dan harmoni

jadi menurut saya yang dimaksud dengan unsur musik adalah bagian yang menjadikan sesuatu itu disebut musik. sesuatu itu disebut musik apabila mempunyai minimal salah satu bagian musik. bagian itu adalah ritme, melodi, dan harmoni.
tentunya setiap individu mempunya pembagian unsur yang berbeda. kali ini adalah dengan metode saya sendiri, hehehe http://www.emoticonizer.com


unsur yang pertama
1. ritme
Ritme

Ritme adalah pengaturan bunyi dalam waktu. Birama merupakan pembagian kelompok ketukan dalam waktu. Tanda birama menunjukkan jumlah ketukan dalam birama dan not mana yang dihitung dan dianggap sebagai satu ketukan. Nada-nada tertentu dapat diaksentuasi dengan pemberian tekanan (dan pembedaan durasi).

menurut gitarpedia
ritme adalah pengaturan logis rangkaian bunyi berdasarkan lama singkatnya ia dibunyikan agar menghasilkan sebuah gagasan musikal, tanpa not sekalipun kita masih bisa membuat musik yang berupa kumpulan bunyi tetabuhan ritmis, sebaliknya, musik tidak akan lengkpa apabila tidak ada ritme, sekalipun kita memiliki macam-macam not dan warna suara

nah berdasarkan pengertian tersebut saya menyimpulkan bahwa ritme adalah elemen yang sangat penting bagi pembentukan suatu musik. jadi ritme adalah temasuk dalam unsur musik.

2. Melodi
rangkaian bunyi musikal dari berbagai frekuensi dengan panjang pendek beragam yang ditata secara logis (tidak acak) sehingga memiliki arti yang bisa ditangkap oleh telinga. bisa dimainkan sendirian bisa pula diiringi dnegan akor. pada dasarnya, semua musik dari pop hingga simfoni untuk orkestra berisi gabungan melodi. secara teknis, melodi biasanya dibuat dengan memperhatikan gerak naik turun nada, pola ritmik nada dasar yang digunakan, bentuk/struktur musik, hingga pengaruhnya terhadap emosi pendengar.(gitarpedia)

kembali ke ritme, tanpa nada ritme bisa menjadi sebuah musik apabila ditata dengan rapi. Nah, apabila ritme tersebut kita letakkan sebuah nada atau rangkaian nada, maka akan menjadi sebuah Melodi.

jadi melodi termasuk dalam unsur-unsur musik.

3. Harmoni
--> teori tentang struktur akor serta fungsi-fungsinya.
--> keselarasan berbagai bunyi yang terkandung dalam sebuah musik(gitarpedia)

Harmoni secara umum dapat dikatakan sebagai kejadian dua atau lebih nada dengan tinggi berbeda dibunyikan bersamaan, walaupun harmoni juga dapat terjadi bila nada-nada tersebut dibunyikan berurutan (seperti dalam arpeggio). Harmoni yang terdiri dari tiga atau lebih nada yang dibunyikan bersamaan biasanya disebut akord. (wikipedia berbahasa Indonesia)

mari kita lihat pengertian yang kedua.
"keselarasan berbagai bunyi yang terkandung dalam sebuah musik"

"keselarasan" keselarasan bisa diartikan perpaduan. perpaduan ini bisa disebut juga perpaduan nada.

apabila sudah mempunyai ritme, dan sudah mempunyai nada tinggal kita membuat nada tersebut menjadi nada yang padu dengan nada yang lain.

mengapa harus harmoni?
seni berkaitan dengan rasa. tentunya rasa ini adalah rasa keindahan.
tentunya supaya karya yang kita buat menjadi "indah" atau enak didengar oleh semua orang, maka nada-nada tersebut harus disusun sedemikian rupa sehingga menjadi paduan yang luarbiasa. ilmu yang mempelajari itu disebut ilmu harmoni

sebenarnya ada banyak unsur-unsur musik,
namun ketiga unsur tersebut adalah yang utama.

demikian opini dari saya mengenai unsur-unsur musik, apabila yang ingin menambahkan silahkan comment. terimakasih.

ditunggu comment nya pliss http://www.emoticonizer.com

trims, salam



Comments

diaz said…
terimakasih telah berkunjung^^
Anonymous said…
pertama baca agak bingung tapi setelah dipahami simpel juga :)
miftahul jannah said…
sangat membantu tugasku. terima kasih

Popular posts from this blog

Pengertian Birama dan Bar

Soal Pilihan Ganda Seni Musik Semester 2 kelas X

Lagu daerah Jawa Tengah Padhang Wulan