Harmonik

Efek nada tinggi - pada gitar klasik menyerupai suara harpa yang diperoleh dengan menyentuh lembut (bukan menekan) senar lepas pada fret tertentu lalu memetiknya. bisa dilakukan pada fret 3,4,5,7,9,12,19,24. Harmonik pada senar lepas disebut harmonik natural.


- Harnomik 12 menghasilkan nada satu oktaf lebih tinggi dari senar lepas
- Harnmonik 7 menghasilkan nada perfect fifth dari harmonik 12
- Harnomik 5 menghasilkan nada satu oktaf di atas harmonik 12
- Harmonik 4 menghasilkan  nada satu oktaf di atas harmonik 5
- Harnomik 3 menghasilkan nada perfect fifth dari harmonik 5
- Harmonik 9 menghasilkan nada major third dari harmonik 5
- Harmonik 16 menghasilkan nada major third dari harmonik 5, atau sama dengan fret 9 dan 4
- Harmonik 19 menghasilkan nada perfect fifth dari harmonik 12, atau sama dengan  harmonik 7
- Harmonik 24 menghasilkan nada satu oktaf di atas harmonik 12, atau sama dengan harmonik 5

karena beragamnya nada yang dihasilkan, harmonik natural bisa menggantikan not tinggi yang tak terjangkau oleh wilayah nada gitar. Ia juga dapat dapat dibunyikan bersamaan sebasgai akor atau pun arpegio.
selain harmonik natural, juga dikenal harmonik arifisial atau harmonik oktaf, yaitu pemanfaatan efek harmonik 12 untuk memainkan senar yang ditekan. Artinya, bila kita memencet nada F pada posisi pertama di senar pertama, maka untuk memperoleh nada hamronik satu oktaf di atasnya, kita tidak lagi menyentuh fret 12, melainkan menyetuh
13 dan memetiknya. Untuk no G, kta menyetuh fret 15 dan memetiknya. Karena tangan kiri digunakan untuk menekan senar, maka penyentuhan tadi dilakukan dengan telunjuk kanan. Sedangkan pemetikannya dilakukan dengan jari manis kanan. Dengan demikian, posisi telunjuk kanan akan berpindah-pindah mengikuti jarak 12 fret dari not-not yang ditekan oleh jari kiri. Gitaris yang terlatih dapat memainkan  melodi harmoik oktaf sembari memberi petikan iringan dengan ibu jari kanan. 
Harmonik ditandai dengan kata "Harm" atau "arm" pada notasi. Biasanya disertai dengan nomor senar yang dipetik serta posisi fretnya.

gitarpedia

Comments

Popular posts from this blog

Pengertian Birama dan Bar

Soal Pilihan Ganda Seni Musik Semester 2 kelas X

Lagu daerah Jawa Tengah Padhang Wulan