Pelajaran 1 Notasi Musik Paranada

Paranada
Masih ingatkah kita waktu kita dudu dibangku SD? terutama kelas satu. waktu itu kita diajarkan membaca. dan guru kita mengatakan "anak-anak kalau nulis itu jangan jauh diatas garis di bukunya . . jaraknya jangan terlalu jauh. . cukup di sini (guru itu menunjukkan menulis yang benar)" nah kata garis ini hampir mirip dengan garis paranada. Garis yang sering kita temui di buku tulis, tempat kita meletakkan huruf atau angka itulah kalau di dunia musik di sebut paranada. 
ketika kita belajar notasi musik , , berarti sama halnya kita belajar membaca dan menulis. kalau kita sudah mempelajari tulisan latin, maka di musik, kita belajar notasi musik. bisa juga disebut, notasi adalah tulisan dalam musik. mari kita mencoba bersama-sama, sedikit demi sedikit mengenal notasi musik. 


dimulai dari paranada atau sangkar nada. Namanya juga sangkar nada. sama halnya dengan sangkar burung. artinya tempat untuk burung. kalau sangkar nada artinya tempat untuk nada. maksudnya nada yang kita buat belum bisa berbunyi kalau belum kita tempatkan pada sangkarnya. sebuah sangkar nada terdiri dari lima gari ssejajar yang spasinya sama. lihat gambar 1.




Gambar 1 : garis paranada


Jarak antara dua gari sparanada tersebut dinamakan "Spasi". dalam paranada terdapat empat spasi. dalam memberi angka pada garis dan notasi, selalu dimulai dari garis atau spasi terbawah menghitung ke atas. (Sumaryanto, hal 17)



Comments

Naumuh said…
untuk sd ada gak?
diaz said…
untuk SD saya belum posting, karena pelajaran seni budya SD blum ada mengenai notasi baloknya.

Popular posts from this blog

Pengertian Birama dan Bar

Soal Pilihan Ganda Seni Musik Semester 2 kelas X

Lagu daerah Jawa Tengah Padhang Wulan