Apresiasi Musik

MENGAPRESIASI MUSIK POPULER NUSANTARA


Pengertian apresiasi menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah penilaian baik; penghargaan; misalnya –terhadap karya-karya sastra ataupun karya seni.

 Apresiasi berasal dari bahasa Inggris, appreciation yang berarti penghargaan yang positif. Sedangkan pengertian apresiasi adalah kegiatan mengenali, menilai, dan menghargai bobot seni atau nilai seni. Biasanya apresiasi berupa hal yang positif tetapi juga bisa yang negatif. Sasaran utama dalam kegiatan apresiasi adalah nilai suatu karya seni. Secara umum kritik berarti mengamati, membandingkan, dan mempertimbangkan. Tetapi dalam memberikan apresiasi, tidak boleh mendasarkan pada suatu ikatan teman atau pemaksaan. Pemberian apresiasi harus dengan setulus hati dan menurut penilaian aspek umum.
Dari pengertian di atas dapat di simpulkan bahwa apresiasi positif dapat diberikan kepada seseorang, atau beberapa individu atau sebuah kelompok yang melakukan karya positif dengan suatu hal yang positif juga, atau sebaliknya.

Memberikan kritikan, tanggapan atau komentar merupakan salah satu kegiatan apresiasi. Misalnya jika kita menyaksikan pertunjukkan musik Dion Idol, dan kita mengomentarinya dengan kata “wow”, maka kata “wow” tersebut merupakan bentuk nyata apresiasi kita.#sedyadiasto

Comments

Anonymous said…
Info-nya menarik skali. harusnya kita memang bisa mengapresiasi jenis musik apapun itu. :)

#Jangan lupa mampir yah klo ada waktu :
http://luckyandstrike.blogspot.com/
Betul sobat, setiap musik yang diciptakan dengan jujur dan positif, haruslah diapresiasi dengan jujur dan positif juga. :)

Popular posts from this blog

Pengertian Birama dan Bar

Soal Pilihan Ganda Seni Musik Semester 2 kelas X

Lagu daerah Jawa Tengah Padhang Wulan