Fungsi Musik daerah

Fungsi musik daerah di masyarakat dapat dikelompokkan menjadi 6(enam) yaitu mengiringi vocal, mengiringi tarian, sebagai ungkapan rasa, sebagai pencerminan jiwa, untuk kegiatan sosial, untuk hiburan, dan untuk komersial.
  1.  Mengiringi vokal, yaitu musik yang berfungsi untuk mengiringi sekar. Maksudnya karawitan gending digunakan untuk mengiringi karawitan sekar. contoh ; lagu kawih diiringi suling.
  2. Mengiringi tari, yaitu musik berfungsi untuk mengiringi tarian bisa berbentuk karawitan sekar, gending, atau sekar gending. contoh tarian yang biasa diiringi karawitan gending, tari merak, tari topeng cirebon, tari kijang.
  3. Ungkapan rasa dan pencerminan jiwa, yaitu musik menjadi media untuk mengekspresikan jiwa seninman melalui nada dan suara.
  4. Fungsi sosial, yaitu musik daerah yang dipentaskan berhubungan erat dengan kegiatan-kegiatan sosial kemasyarakatan seperti upacara-upacara adat atau keagamaan, Misalnya dalam upacara mengarak anak sunat dipentaskan kesenian sisingaan atau kuda renggong.
  5. Fungsi hiburan, yaitu pertunjukkan musik daerah untuk kebutuhan hiburan, baik hiburan pribadi maupun masyarakat.
  6. Fungsi komersial, yaitupembuatan atau pementasan musik sebagai kegiatan untuk menghasilkan uang. (Syahroni 2008 : 6-7).

Comments

Unknown said…
kalo komunikasi dan olahraga termasuk fungsi musik daerah gak?
Unknown said…
kalo komunikasi dan olahraga termasuk fungsi musik daerah gak?

Popular posts from this blog

Pengertian Birama dan Bar

Soal Pilihan Ganda Seni Musik Semester 2 kelas X

Lagu daerah Jawa Tengah Padhang Wulan