Pengantar Seni Rupa X/1 Pertemuan 2

Seni Rupa 

Apa itu seni rupa? 
untuk menjawabnya, coba kalian masuki pikiran kalian, masuki imajinasi kalian, pejamkan bola mata dan pikirkan "apa yang ada dibenakmu jika mendengar kata seni rupa???" . Tentu ini pertanyaan yang harus dijawab. Saya minta sebutkan tiga saja contoh benda seni rupa. Pikirkanlah. sekarang sebutkanlah satu persatu apa yang ada di imajinasimu. 
apakah kamu memikirkan ......................................................vas bunga,,, atau mungkin..........................................patung ,,,,, atau mungkin ukiran,, dan masih banyak sekali benda benda seni rupa yang lain, jika disebutkan mungkin satu halaman ini tidak akan cukup untuk menampungnya. Oke oke, benda-benda yang kamu sebutkan tadi adalah adalah contoh benda seni rupa. semua benda benda seni rupa ini mempunyai sebuah kesaamaan. coba pikirkan dibenakmu, apakah kesamaan tersebut?? untuk memperjelasnya coba perhatikan ilustrasi di bawah. 

VAS BUNGA
LUKISAN




UKIRAN
Ketika kamu melihat gambar tersebut, apa yang kamu pikirkan? 

Nah sekarang, coba kamu dengarkan lukisan tersebut !
Jika kurang jelas, mendekatlah lagi, dan dengarkan lukisan tersebut baik baik !

PERHATIKAN 
Dengarkan lukisan tersebut baik baik dan beri komentarmu !

Kenapa?? tidak bisa? 
ya, Karena lukisan, vas bunga dan ukiran tidak bisa kita nikmati dengan DIDENGARKAN. 

Lantas, bagaimana? 
coba kita ganti perintahnya dengan " Lihatlah lukisan itu !! " "Perhatikan ukiran tersebut !!" maka kita akan langsung mengetahuinya, oh itu warnanya coklat, itu adalah vas bunga. 

Mengapa?
karena benda benda tersebut hanya bisa kita nikmati dengan indera pengelihatan kita yaitu mata. 

Jadi...
Menurut modul seni budaya kelas X tahun pelajaran 2012, seni rupa adalah seni yang bisa dihayati dengan indera pengelihatan. 

Bahkan di beberapa tulisan menyebutkan bahwa Seni rupa adalah ungkapan ekspresi seseorang yang dituangkan dalam sebuah media rupa.

bagaimana pendapatmu?? ^^

Comments

Popular posts from this blog

Pengertian Birama dan Bar

Soal Pilihan Ganda Seni Musik Semester 2 kelas X

Lagu daerah Jawa Tengah Padhang Wulan